Minggu, 28 Juli 2019

√ 46 Desain Cafe Modern Kekinian Paling Kreatif dan Inspiratif Wajib Dicoba

Desain Cafe Modern – Halo bertemu lagi bersama kami calonarsitek. Seperti yang kita ketahui bersama saat ini usaha bisnis kafe sudah mulai menjamur di kalangan masyarakat, khususnya untuk Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan pasti bisa dengan mudah menemukan Cafe. Sekarang Cafe tidak hanya digunakan sebagai tempat makan-minum saja, tapi lebih dari itu Cafe saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Tak lengkap rasanya apabila akhir pekan tidak menyeruput secangkir kopi di Cafe favorit kita.

Konsep interior publik seperti Cafe memang membutuhkan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi para pengunjungnya. Sehingga kita tidak disarankan untuk mendesainnya secara asal-asalan. Adanya interior Cafe yang bagus dapat menjadi salah satu faktor penentu betah atau tidaknya pengunjung ketika berada di Cafe tersebut. Apalagi saat ini gaya hidup masyarakat yang sangat lekat dengan sosial media seperti instagram, tentu update foto kekinian dengan latar belakang interior modern menjadi impian para konsumen yang datang.

Memberikan kesan modern pada Cafe yang hendak Anda buat sebenarnya mudah saja. Dengan sedikit belajar mengenai tips dekorasi interior Cafe, Anda pun bisa membuat desain Cafe modern sesuai dengan keinginan. Nah, seperti apa sajakah tipsnya? Pada kesempatan kali ini kami akan bahas tuntas mulai dari tips membangun interior Cafe yang baik, contoh desain Cafe lokal hingga mancanegara, dan bagaimana menilai sebuah arsitek interior Cafe yang baik itu seperti apa. Artikel ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun bisnis Cafe kekinian ataupun Anda yang ingin mencari ide dekorasi rumah ala Cafe.

Cara Dekorasi Interior Cafe yang Modern dan Unik Secara Visual

1. Perpaduan warna interior

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Pertama yang harus Anda perhatikan ialah perpaduan warna. Dengan pemilihan warna interior yang tepat maka akan membuatnya terlihat lebih modern dan hidup. Bahkan pemilihan warna yang tepat dapat memberikan kenyamanan secara maksimal kepada konsumen yang datang.

Menurut ahlinya, Anda bisa menciptakan kesan modern dengan memilih perpaduan warna abu-abu dan putih. Sedangkan pemilihan warna merah dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan selera makan seseorang, karena warna merah menurut penelitian dapat membuat orang cepat merasa lapar.

2. Gaya interior yang beda dari lainnya

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Gaya interior yang unik juga bisa menjadi teknik pemasaran yang efektif. Mengingat saat ini banyak pengunjung yang datang berfoto kemudian uplod fotonya ke sosial media, sehingga secara tak langsung juga menjadi alat promosi.

Setiaknya ada 3 aliran gaya interior kafe paling populer antara lain gaya modern kontemporer, gaya rustic, dan gaya industrial. Apapun itu pilihanmu yang jelas sesuaikanlah dengan suasana yang memang ingin ditonjolkan ketika disana.

3. Meja dan kursi terbaik

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Faktor kenyamanan pengunjung lainnya juga ditentukan dari pemilihan furniturnya. Pemilihan meja kursi untuk Cafe harus dipikirkan secara matang jika memang menginginkan pengunjung bisa betah berlama-lama disana.

Masing-masing model meja memiliki fungsi yang berbeda. Kursi dan meja rendah sangat pas digunakan untuk pengunjung yang hanya ingin sekedar ngobrol ataupun santai bertemu dengan klien. Selain itu meja tinggi seperti meja kerja biasanya cocok untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang terfokus.

Selanjutnya jenis terakhir ialah meja bar panjang dengan stool cocok untuk pengunjung yang ingin sekedar duduk ngopi sambil mencari inspirasi.

4. Desain plafon yang kekinian

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Tak bisa dipungkiri langit-langit atau plafon juga harus menjadi pertimbangan dari sisi desain interior kafe. Pemilihan model plafon haruslah terlihat lebih menarik sekaligus memiliki fungsi tertentu dalam ruangan tersebut, misalnya seperti meredam suara ataupun sirkulasi ac.

Plafon berbahan akustik sangat disarankan bagi Anda yang merencanakan sebuah ruangan Cafe yang dapat sekaligus meredam kebisingan. Plafon akustik merupakan jenis plafon yang tahap terhadap batas ambang dari kebisingan. Ukuran yang tersedia ialah 60cm x 60cm serta 60cm x 120cm.

Kelebihan plafon akustik tidak hanya sampai disitu. Plafon ini juga bisa dipasang dengan rangka kayu atau bahan metal pabrikan yang sudah jadi. Bobotnya pun relatif lebih ringan sehingga dalam pemasangan dan perbaikan bisa lebih cepat. Sementara kelemahannya dia tidak tahan air dan harganya mahal.

5. Jendela kaca ukuran besar

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Tahukah Anda kalau kaca bening berukuran besar yang terlihat dari luar Cafe dapat menarik minat konsumen? Yup, dikutip dari interiordesign.id, jendela besar pada sebuah kafe sangat ideal supaya orang-orang dari luar dapat menyaksikan seberapa nyaman pengunjung berada dalam kafe tersebut. Mereka pun juga bisa menyaksikan bagaimana keramahan pelayanan di Cafe Anda, sehingga secara langsung akan menggoda mereka untuk datang berkunjung.

6. Konsep kafe internet

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Menyediakan kafe yang bisa bebas akses internet tentu menjadi sebuah keharusan di jaman modern seperti sekarang ini. Cukup dengan menghadirkan wifi gratis maka kafe Anda akan lebih menjadi prioritas pilihan pengunjung dibandingkan dengan kafe yang lain. Selain itu, adanya internet di Cafe tersebut juga dapat membuat pengunjung lebih betah berlama-lama disana.

7. Pencahayaan dan lampu dekoratif yang tepat

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Menciptakan suasana nyaman tidak perlu dengan furtnitur mahal. Cukup hadirkan pencahayaan yang tepat maka akan mampu memberikan efek mendalam dalam sebuah ruangan. Pencahayaan ada dua jenis yaitu pencahayaan artifisial dan natural atau alami. Pencahayaan artifisial berhubungan dengan lampu yang dapat Anda susun supaya memberikan kesan yang lebih menarik.

8. Pilih wallpaper dinding yang simple

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Mendesain interior kafe sebenarnya tidak perlu menggunakan hiasan dinding yang rumit dan terlalu banyak aksen. Justru dinding yang rumit itulah yang harus kalian hindari karena dapat menciptakan suasana bosan. Sebaliknya, pilihlah dekorasi-dekorasi yang simple seperti salah satunya ialah wallpaper simple.

Pemilihan wallpaper simple akan menonjolkan sisi santai, lega, dan modern pada interior kafe. Apalagi untuk kalian yang menerapkan desain kafe minimalis, maka wallpaper simple tanpa banyak aksen akan sangat cocok. Juga jangan lupa sesuaikan wallpaper tersebut dengan furnitur yang digunakan pada interior Cafe.

9. Aroma khas Cafe

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Sebenarnya point kesembilan ini tidak masuk dalam desain Cafe, cuman saya ingin mengingatkan pada Anda karena juga termasuk aspek penting. Aroma memberikan kesan dan ingatan yang berbeda pada Cafe Anda. 

Misalnya seperti aroma khas kopi, aroma khas bakery, aroma coklat, dan sejenisnya. Berikan aroma yang unik untuk ruangan Cafe Anda. Selain dapat mengharumkan, aroma tersebut juga akan memberikan ingatan mendalam bagi pengunjung yang datang.

10. Pertimbangkan kualitas dibanding kuantitas

desain cafe modern terbaru
desain cafe modern terbaru

Daripada Anda memperbanyak futnitur yang kualitasnya rendah, lebih baik gunakan sedikit saja tapi dengan kualitas terbaik. Begitulah yang diajarkan pada konsep interior minimalis. Meskipun sedikit asalkan ditata dengan baik hasil dekorasi interiornya juga akan terlihat lebih keren dan simple dibandingkan banyak furnitur tapi tidak ditata dengan benar.

Setelah mengetahui apa saja tips yang harus diperhatikan ketika mendekorasi interior Cafe, maka langkah selanjutnya ialah melihat contoh desain interior cafenya secara langsung. Berikut kami sajikan beberapa contoh desain interior kafe modern dari Indonesia dan mancanegara versi terbaik menurut kami.

Desain Interior Cafe dari yang Terbaik di Seluruh Dunia


1. Desain interior Glowna cafe, Gdynia Polandia

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Desain café tercantik dunia yang pertama berasal dari Polandia. Meskipun sebenarnya café ini terlihat memiliki ukuran kecil, tapi pada bagian dekorasi interiornya mampu menghidupkan kesan industrial, desain vintage yang cukup bagus, sekaligus menonjolkan beranekaragam elemen daur ulang yang tentunya membuat suasana dalam ruangan semakin menarik serta kekinian.

2. Toby's Estate Coffee Roasters, Brooklyn New York

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Toby’s Estate Coffe4 Roaster merupakan salah satu café populer di New York yang menggunakan konsep interior café kecil. Café ini didesain dengan nuansa terang menggunakan lampu dan pencahayaan matahari, sehingga mampu membuat atmosfer desain interior kafe ini semakin terlihat lega. Café kopi ini tak hanya berada di New York saja, Anda pun bisa melihatnya di beberapa kota di Indonesia.

3. Monocle Cafe, London

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Untuk Anda yang ingin menuangkan ide dekorasi interior modern tapi tetap juga mempertahankan interior klasik, maka desain café Monocle Café ini bisa dijadikan solusi terbaik. Meskipun kafe ini kental sekali dengan gaya arsitektur modern, tapi di beberapa elemen terdapat dekorasi klasik yang membuatnya pas dengan arsitek kota london yang sangat cantik. Desain café semacam ini sangat cocok sekali diterapkan untuk café yang berada di pusat kota atau keramaian ibukota.

4. Hotel Central & Cafe, Copenhangen

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Memiliki lahan yang sempit bukan berarti Anda tidak bisa membuat café yang unik. Seperti contohnya café kecil yang berada di Copenhagen ini. Saking kecilnya bahkan kafe ini hanya muat untuk lima kursi saja. 

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik
Menariknya lagi, kafe inipun juga menyewakan sebuah kamar yang berada di lantai bagian atasnya. Nah justru berkat kemungilannya tersebut kafe ini menjadi daya tarik pengunjung.

5. La Distributice, Montreal

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Café dengan desain interior unik selanjutnya ialah La Distributice yang berada di Montreal. Kafe ini tidak menyediakan tempat duduk sama sekali, karena pengunjung hanya diperkenankan untuk memesan dan menikmati kopi melalui sebuah jendela dengan bingkai hitam yang cukup elegan. Selain desain kafenya yang unik, La Distributice juga memiliki kopi dengan citarasa sangat khas dan lezat. Tak heran setiap hari kafe ini selalu tutup lebih awal karena larisnya kopi.

6. L'OisiveThe, Paris

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Membayangkan menikmati secangkir kopi atau the hangat dengan nuansa romantis di kota Paris tentu menjadi moment paling dinanti semua orang/ Jika Anda adalah salah satunya maka L'OisiveThe Paris ini bisa menjadi pilihan. Desain interior kafe kecil dengan dekorasi yang cantik seakan menambah nilai keromantisan bagi siapapun yang mengunjunginya. Nah, desain semacam inilah yang menurut kami sangat cocok untuk target pengunjung anak-anak muda.

7. The Vintage Emporium, London

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Sementara itu untuk yang tidak suka dengan nuansa modern, atau dengan kata lain suka yang ‘antik-antik’ maka bisa berkunjung ke The Vintage Emporium, London. Desain kafe kecil ini menggunakan gaya Victoria yang klasik, elegan, namun juga terasa lebih nyaman dengan furnitur yang antik. Selain gaya interiornya yang unik, disini Anda bisa menyeruput kopi dan the bangsawan Eropa di masa lalu. Wah tentu semakin menarik sekali buat didatangi bukan?

8. Little Nap Coffee Stand, Tokyo

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Apabila Anda berkunjung ke Tokyo, tepatnya di daerah Yoyogi Park, Anda bisa menemui sebuah desain interior café yang cukup menarik sekali. Kafe ini terkenal dengan kopi Americano-nya yang cukup melegenda. Sedangkan untuk desain interiornya sendiri konon sangat disukai oleh para turis yang datang dari berbagai belahan dunia.

9. C Corner Cafe, Polandia

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Mencari desain interior café yang menarik sekaligus membuat penasaran sebenarnya sangatlah mudah sekali. Seperti contohnya pada desain café Corner Café Polandia ini. Desain kedai kopi ini dibuat oleh seorang Ideograf yang berlokasi di Gdynia Polandia. Penggunaan material putih seakan menciptakan kesan minimalis serta memberi atmosfer hot and cool dalam satu ruangan. 

Sofa dan kursi yang dirancang bersama beberapa poster vintage seakan menambah kenyamanan berada dalam kafe kopi ini. Satu lagi yang tak kalah menarik ialah dinding kafe ini disusun cangkir teh di seluruh bagian dindingnya.

10. Coffee Cake, Rusia

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Contoh desain interior café selanjutnya yang bisa Anda contek ialah desain kedai Coffee Cake. Kafe ini didesain oleh Fruit Design yang berada di Nizniy Novgorod Rusia. Keunikan desain kafe ini ialah langit-langit yang diekspos secara bebas dan struktur dari yang nampak corak dalamnya. 

Selain itu, jajaran tanaman yang berada di samping meja pengunjung juga seakan menambah karakter dari kafe ini. Semau itu semakin lengkap dengan adanya quotes-quotes keren disekeliling.

11. Coffee &, Ukraina

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Yup, sesuai dengan namanya yang unik, kafe ini pun juga memiliki desain interior yang berbeda dibandingkan kafe biasanya. Kursi berwarna-warni serta dinding transparan semakin menonjolkan sisi ceria pada bagian interiornya. Semakin menarik lagi kafe roti ini juga menggunakan lampu gantung unik berbentuk mirip roti croissant. Desain interior ini cocok untuk menciptakan suasana ceria.

12. Wanda Cafe Optimista

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Wanda Café Optimista merupakan sebuah kedai kafe yang berada di Madrid, Spanyol. Kafe ini didesain oleh Parolio yang memunculkan berbagai motif unik untuk memberikan kesan tropical. Sedangkan gaya bhochic dan neotribal nampak menghiasi keseluruhan ruangannya. 

Menariknya lagi ketika malam tiba, cahaya dari lampu dan lilin semakin memberikan kesan kalem dan hangat. Bentukan kursinya yang warna-warni juga sangat cocok diterapkan untuk menambah estetika. Anda pun bisa mencontoh model kafe kekinian ini untuk anak muda.

13. Fudisiac, Romania

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Kafe ini didesain oleh Not a Number Architects di Bucharest Romania dengan gaya minimalis dan simple menggunakan bahan material kayu, baja, dan beton. Konsep desain ini sebenarnya bertolak belakang dimana bagian eksterior menggunakan warna gelap yakni hitam kemudian bagian interior memakai warna kayu yang relatif lebih terang. Konsep ini terbilang cukup bagus diterapkan, apalagi untuk Anda yang mungkin ingin membangun kage dengan menggunakan kontainer.

14. Family Cafe, Polandia

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Sesuai dengan namanya, Family Café ini merupakan sebuah kedai yang didirikan untuk keluarga dan anak. Kafe yang didesain oleh desainer Polandia ini mengusung konsep interior yang ceria dan atraktif. Sehingga kafe Family ini cocok digunakan untuk liburan bersama dengan keluarga. Anda pun bisa meniru desain ini dengan nambahkan beberapa sentuhan warna cerah dan permainan seru.

15. Proti Proudu Bistro, Prague

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Salah satu kafe dengan interior kafe terbaik yang berada di Prague ini didesain oleh Mimosa Architekkti dan Modulora menggunakan perpaduan tiga warna yaitu putih, hitam, dan coklat yang cukup epic. Bagian dindingnya semakin elegan dan cantik dengan adanya kabel-kabel yang tersusun rapi diatas papan polywood berlubang sehingga memberikan grid tertentu pada bagian dinding.

16. Cups Nine, Yunani

desain interior cafe terbaik
desain interior cafe terbaik

Cups 9 karya Normless arsitektur studio ini merupakan kafe dengan minuman dan makanan manis yang ada di trikala Yunani. Kafe ini hadir dengan tampilan unik yakni berbentuk hexagon. Perpaduan antara lantai dan bentuk hexagon ini seakan menambah tingkat eleganitas dari sebuah seni interior. Selain itu, masih terdapat banyak hal unik di kafe ini termasuk dudukan berbantal dan mejanya yang unik.

Desain Kafe Indonesia Terbaik yang Wajib Ditiru

Mungkin sebagian dari Anda berpikir kalau desain café-café diatas terasa terlalu kebarat-baratan untuk diterapkan di tanah air. Sebenarnya menurut saya tidak juga. Mengingat kita bisa mengambil beberapa ide dekorasi dari satu hingga yang lain untuk mendapatkan desain baru yang tentunya lebih unik. Namun untuk Anda yang ingin melihat desain kafe di Indonesia terbaik berikut kami sajikan beberapa desain terbaik menurut calonarsitek.com. Simak baik-baik ya.

1. Butter Bali Cake & Coffee Shop, Bali

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Desain pertama dari Butter Bali Cake & Coffee Shop. Kedai kopi satu ini cukup dikenal di kalangan turis mancanegara berkat desain interior kafe kecil bergaya artsy. Konon katanya, kafe ini cukup instagramabel di kalangan anak muda. Apalagi perpaduan warna putihnya yang modern semakin membuat pengunjung betah berlama-lema di kafe ini.

2. Monks Coffee Roaster, Medan

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Kafe kecil yang berada di Medan Polonia, Sumatera Utara ini sebelumnya tidak dibuat sebagai tempat hangout mengingat Monks sebetulnya lebih fokus kedapa roasting kopi. Akan tetapi kenyataanya banyak yang menyukai kafe ini karena kesederhanaannya. Corak lantai dan langit-langit yang unik serta pencahayaan yang pas seakan membuat kita seperti duduk di rumah sendiri.

3. Cafe Hello Kitty, Pantai Indah Kapuk

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Kafe unik ini dibuat dengan menggunakan lisensi resmi dari Sanrio Jepang. Kafe ini ditujukan untuk para penggemar dari karakter kartun Hello Kitty. Bagi Anda yang ingin menyasar calon pengunjung penggemar bisa dengan menggunakan karakter lain seperti doraemon, spiderman, naruto, dan lain sebagainya. Dengan memainkan warna pink dan gambar karakter Hello Kitty saja, café ini terlihat semakin unik dan berbeda seperti pada kafe Hello Kitty di Jepang.

4. Cutie Cat and cafe, Kemang

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Satu lagi desain kafe yang menargetkan penggemar/pecinta yaitu Cutie Cat and café. Dari namanya saja mungkin Anda sudah tau kafe ini untuk siapa. Kafe ini diperuntukan kepada mereka para pecinta kucing. Selain makan disini, Anda pun bisa membawa binatang piaraan kucing dan berkumpul bersama pecinta lainnya.

5. Colette Lola, Puri Indah

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Desain kafe Indonesia unik selanjutnya ialah Colette Lola. Café mungil yang berada di kawasan Puri Indah Mall ini didesain dengan menggunakan warna-warni bubble gum yang tentunya akan menjadi salah satu lokasi favorit remaja untuk berfoto selfie bersama dengan teman-temannya.

6. Coconut Warung Shop and café

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Berlokasi di kawasan wisata Ubud, kafe kecil ini menawarkan perpaduan desain yang cukup unik dengan dua konsep tradisional masyarakat bali dan sentuhan modern. Target pengunjung kafe ini tentunya bisa masyarakat lokal sekitar dan juga turis mancanegara yang mungkin kebetulan sedang ingin mencari kafe.

7. Spotten, Alam Sutera

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Spotten merupakan kafe yang berada di Alam Sutera dengan desain minimalis berkonsep industrial dengan mengandalkan warna-warna asli materialnya. Meskipun kafe ini ditargetkan kepada pembisnis muda, tapi desain sederhananya sangat pas sekali untuk mempercantik jepretan lensa kamera Anda.

8. A.go.go Cafe, Bandar Lampung

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Kafe ini menerapkan konsep desain minimalis yang tampak semakin sempurna dengan pencahayaan yang keren di malam hari. Ditambah lagi tempat duduk pelanggan yang berada di bawah pohon semakin menambah kesan santai ketika digunakan malam hari bersama dengan teman-teman yang datang.

9. MOYA Cafe, Bali

desain interior kafe indonesia terbaik
desain interior kafe indonesia terbaik

Sedangkan bagi Anda yang ingin menerapkan warna biru putih mungkin kafe Moya ini bisa menjadi solusinya. Kombinasi warna biru putih cerah dan kuning kayu seakan melekat dan membuat kafe ini semakin hidup. Apalagi dengan adanya lukisan burung merak di bagian dindingnya tentu menambah kesan ikonik pada kafe MOYA Bali ini.

Tips Desain Café Outdoor Paling Inspiratif yang Wajib Ditiru 

Beberapa dari Anda mungkin ingin mendesain sebuah kafe outdoor yang mana memiliki akses lega ketika pelanggan datang. Melihat dari tren, café outdoor memang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. 

Biasanya kafe outdoor dirancang dengan target pelanggan mereka para rombongan atau keluarga besar. Nah, jika Anda salah satunya berikut kami share tips desain kafe outdoor terbaik.

1. Desain cafe dengan hiasan lampu

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Lampu hukumnya wajib untuk mendesain sebuah kafe outdoor. Desain café diatas sangatlah sederhana sekali. Bahan yang Anda butuhkan untuk mendesainnya hanyalah lampu, tanaman, dan meja kursi. Desain kafe outdoor yang pertama ini didominiasi dengan material yang terbuat dari kayu.

Kemudian pada bagian dinding sang owner menggunakan papan kayu berwarna senada dengan meja kursi yang seakan menambah kesan ‘serasi’ pada dekorasi kafe ini. Tampilan di malam hari semakin manis dengan adanya lampu yang menyelimuti pohon sekaligus membentang dari unjung ke yang lainnya.

2. Desain cafe bergaya modern minimalis

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Minimalis bukan berarti ‘sempit’, juga bukan berarti pula ‘murah’. Minimalis mengacu pada penggunaan desain yang tidak terlalu banyak aksen atau mudahnya tidak terlalu ramai. Desain kafe minimalis diatas sangat cocok untuk anak-anak muda yang hanya ingin sekedar nongkrong malam minggu.

Poin utama desain kafe outdoor minimalis ialah penggunaan aneka warna dan pola elemen. Usahakan memilih yang senada atau lebih baik bertolak belakang sekaligus untuk menciptakan garis-garis yang tegas khas desain minimalis.

3. Desain cafe outdoor bergaya industrial

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Gaya desain industrial semakin digemari oleh banyak anak-anak muda. Gayanya yang sangat sederhana serta tampil apa adanya dianggap lebih elegan. Untuk menciptakan kesan insutrial Anda bisa menggunakan kursi tinggi dan meja dari beton yang tidak diberi pelapis tambahan apapun. Penggunaan elemen pipa hitam di dinding juga bisa menambah kesan industrial pada kafemu.

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Akan tetapi jika desain kafe industrial outdoor tersebut terlalu dingin, Anda bisa menggantinya dengan meja dan kursi yang berasal dari material kayu. Intinya desain industrial bisa kita ciptakan melalui elemen yang tidak difinishing apapun alias polosan. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman merambat guna menghiasi pada bagian dindingnya agar terasa lebih sejuk.

4. Desain cafe outdoor mini

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Sebagai pembisnis pemula mungkin Anda ingin mendirikan sebuah café di lahan yang kecil terlebih dahulu. Jika memang benar demikian maka desain kafe satu ini sangat tepat untuk Anda. Kafe ini dibuat dengan dua aliran yaitu shabby chic dan vintage yang tentunya menambah kesan unik pada tampilannya.

Gunakanlah kursi yang terbuat dari kaleng dengan cat yang mengelupas di beberapa bagiannya. Selanjutnya pilih meja yang terbuat dari kayu tapi berukuran kecil. Sentuhan terakhir untuk mempermanisnya tambahkan pot bunga mini pada masing-masing bagian mejanya. 

5. Desain cafe outdoor dengan aneka tanaman

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Beberapa orang beranggapan kalau kafe outdoor itu identik dengan aneka tanaman. Kalau Anda berpikir seperti itu maka tak ada salahnya untuk memilih desain café outdoor satu ini. Café ini memiliki aneka tanaman dan bunga-bunga kecil yang tersebar di setiap sudutnya. Tempat duduknya pun dilengkapi dengan bantal yang tentunya akan semakin menambah kenyamanan pelanggan.

6. Desain cafe outdoor semi indoor

desain cafe outdoor kreatif terbaik
desain cafe outdoor kreatif terbaik

Yang terakhir Anda bisa memilih desain café outdoor semi indoor dengan gaya minimalis. Desain café diatas didominasi dengan kayu yang memiliki jendela dapat dibuka keatas. Café ini memiliki banyak kelebihan salah satunya ialah pengunjung bisa menikmati udara segar dan tidak merasa gerah ketika harus berada dalam ruangan terus. Kelebihan lain ialah ketika matahari terik ataupun sedang turun hujan, mereka tetap akan bisa nongkrong nyaman di dalam.

Tips Mendesain Café di Rumah Sendiri Paling Kreatif

desain kafe di rumah sendiri terbaik
desain kafe di rumah sendiri terbaik

Sementara itu untuk yang memang tidak memiliki sama sekali lahan baik itu kios sendiri ataupun outdoor maka bisa dengan membuat kafe sendiri di rumah. Nah untuk memulainya berikut kami share beberapa tips desain café sendiri di rumah paling kreatif yang tentunya berbeda/unik dibandingkan lainnya.

1. Penggunaan motif dinding batu bata

Merancang kafe di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk salah satunya ialah dengan menggunakan dinding batu bata. Cukup dengan dinding batu yang tertata dengan rapi kemudian ditambah kursi dan drum maka kafe rumah Anda akan terlihat lebih menarik bagi pengunjung yang datang.

2. Wallpaper motif unik

Pemilihan wallpaper sangat menentukan sekali indah atau tidaknya dekorasi kafe rumah Anda nanti. Oleh sebab itu, pilihlah wallpaper dengan motif unik agar berbeda dari yang sudah ada. Misalnya bisa dengan wallpaper dengan quotes kenikmatan atau sekedar seni simple di bagian dindingnya.

3. Jendela kaca ukuran besar

Menggunakan hiasan dinding memang sangat penting untuk menunjang keindahan interior, tetapi jika terlalu banyak hiasan juga tidak baik. Apalagi apabila ruanganmu sempit, maka Anda harus bisa mengatasi salah satunya dengan memodifikasi kaca sehingga dapat memberikan kesan lebih luas.

4. Konsep dapur terbuka

Konsep dapur terbuka di rumah cukup populer lima tahun belakangan ini. Dapur terbuka maksudnya ialah menempatkan dapur terlihat keseliuruhan kepada pengunjung yang datang sehingga selain mereka makan juga bisa melihat secara langsung bagaimana proses membuat makanan tersebut.

5. Pemilihan perabotan ala café

Tidak semua perabotan rumah cocok diterapkan untuk menonjolkan sisi ‘café design’ pada rumah Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan perabotan yang digunakan dengan interior kafe yang hendak Anda angkat. Misalnya dengan menggunakan kursi tinggi, meja panjang, atau bahkan sofa sekaligus sebagai tempat nongkrong ataupun ketika pengunjung membawa rombongan.

Bagaimana, tertarik dengan desain-desain café diatas?

Demikianlah pembahasan seputar interior café mulai dari yang lokal hingga terbaik di mancanegara. Setelah membaca artikel ini tentunya Anda memiliki gambaran tentang desain apa yang sebaiknya diterapkan untuk cafemu nanti. 

Jangan lupa selalu konsultasikan dengan pakar desain interior ketika melakukan dekorasi sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Sekian pembahasan mengenai desain kafe pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : √ 46 Desain Cafe Modern Kekinian Paling Kreatif dan Inspiratif Wajib Dicoba

0 komentar:

Posting Komentar